SIMAK !! Cara Mendisiplinkan Anak tanpa Memukul


Menjadi orang tua terkadang menjadi sulit, terutama ketika anak menolak untuk mendengarkan Anda. Berapa kali kita sebagai orang tua telah menemukan situasi di mana anak-anak membuat permintaan luar biasa yang tidak dapat dipenuhi.

Reaksi normal adalah mendisiplinkan mereka dengan memukul. Tetapi apakah itu adalah pendekatan yang tepat untuk situasi ini?

Memukul adalah kemungkinan besar satu-satunya reaksi yang kita tahu dalam situasi di mana anak kita menolak untuk mendengarkan. Meskipun telah lama menjadi bahan perdebatan, para peneliti baru-baru ini menyimpulkan bahwa memukul memang memiliki efek negatif pada anak-anak, terutama dalam jangka panjang.

Ada banyak jenis penelitian di luar sana yang telah menyimpulkan bahwa anak-anak yang telah dipukul lebih sering di masa kecil lebih rentan terhadap depresi dan rendahnya harga diri di masa dewasa mereka. Jadi apa cara yang tepat untuk menghadapi anak yang sulit? Mungkin konsep mengasuh secara positif berguna.

Ada beberapa cara di mana Anda dapat menangani anak yang sulit, bukan memukul. Metode-metode ini juga akan membantu para anak dalam jangka panjang dengan memberi mereka kekuatan untuk melawan dengan masalah-masalah dunia nyata begitu mereka tumbuh dewasa seperti yang dilansir melalui Boldsky.

1. Abaikan

Ini mungkin sulit pada awalnya, tetapi hal terbaik yang dapat Anda lakukan ketika anak Anda mulai membuat ulah adalah dengan mengabaikannya dan melanjutkan pekerjaan Anda. Jika anak Anda menuntut camilan sebelum waktu makan, beri mereka kata 'tidak' yang tegas dan abaikan.

Mereka mungkin menciptakan keributan tetapi mungkin tidak akan lama. Sebagian besar anak sangat membutuhkan perhatian dari orang tua mereka setiap saat. Mengabaikan mereka akan membuat mereka lebih sadar akan perilaku mereka, bahkan di masa depan.

2. Gunakan Metode “Time-out”

Apakah Anda sering mendapati anak Anda geli akan amarah Anda? Ini membuat Anda lebih marah, kan? Jadi, cobalah untuk tidak bereaksi pada awalnya.

Kemudian, beri mereka waktu. Mungkin bijaksana untuk mengawasi mereka setiap saat. Tetapi jika Anda ketat dengan mereka tentang hal itu, kemungkinan bahwa mereka dapat mematuhinya. Anak Anda akhirnya akan belajar untuk tenang dan berperilaku lebih baik.

Memberi mereka waktu istirahat juga akan membiarkan mereka tahu bahwa perilaku buruk mereka membawa konsekuensi dan amarah.

3. Singkirkan Barang Favorit

Jika anak Anda memiliki barang mainan yang benar-benar mereka sukai, Anda dapat menggunakannya sebagai umpan untuk membuat mereka berperilaku baik. Ini dapat membuat mereka berperilaku lebih baik di masa depan. Strategi ini dikatakan sangat efektif dalam mengelola masalah perilaku pada anak-anak dari segala usia.

4. Biarkan Mereka Menghadapi Konsekuensi

Seringkali, alat ini dikatakan sebagai cara yang sangat logis untuk memperbaiki perilaku anak Anda. Ketika Anda menasihati, mereka mungkin tidak mendengarkan Anda. Sebaliknya, membiarkan mereka melakukan apa pun yang mereka inginkan dan kemudian menghadapi konsekuensi dari tindakan mereka sendiri. Ini cara terbaik bagi mereka untuk belajar dari kesalahan mereka.

Misalnya, jika anak Anda tidak ingin makan, singkirkan juga makanan ringan. Anak belajar untuk mengambil tanggung jawab atas tindakan mereka sendiri dalam jangka panjang yang akan membantu mereka membuat pilihan yang lebih baik di masa depan.

5. Ubah Perilaku Anda

Ini mungkin butuh waktu, tetapi sudah pasti efektif. Ketika anak Anda berperilaku buruk, beri tahu mereka bahwa Anda marah dan kesal dengan perilaku mereka. Selanjutnya, beri tahu mereka bahwa Anda tidak akan melakukan aktivitas favorit bersama-sama selama beberapa waktu.

Membiarkan anak tahu bagaimana perasaan Anda akan membuat mereka lebih sadar akan tindakan mereka. Anak-anak belajar menjadi sensitif terhadap perasaan orang lain dan belajar mengendalikan tindakan mereka sebagai hasilnya.

6. Beri Pilihan

Memberikan kekuatan kepada anak untuk membuat pilihan dan melibatkan mereka dalam pengambilan keputusan akan membantu mereka berpikir logis. Misalnya, jika anak Anda meminta mainan baru, tanyakan apakah mereka ingin mainan baru sekarang atau pada hari ulang tahun mereka.

Dengan cara ini, mereka akan dipaksa untuk membuat keputusan. Penting bagi anak untuk memahami bahwa tuntutan mereka tidak akan dipenuhi setiap saat. Mereka belajar membuat kompromi yang akan sangat membantu mereka di masa depan.

7. Berikan Tugas

Ada kemungkinan besar anak Anda membuat ulah ketika mereka bosan. Jadi, jika anak Anda sedang membuat permintaan, beri tahu mereka bahwa mereka harus melakukan sesuatu untuk Anda sebagai gantinya. Yang akan membantu mengalihkan perhatian mereka dan membiarkan mereka menggunakan energi mereka dengan cara yang lebih konstruktif.

Anak-anak belajar penggunaan energi kreatif mereka yang lebih baik dan belajar untuk menyalurkan mereka untuk kepentingan mereka sendiri.

8. Ajarkan Teladan

Ketika Anda sedang bersama anak, beri tahu mereka bagaimana pendapat orang lain tentang seorang anak yang berperilaku buruk ketika keluar bersama orang tua mereka. Cobalah untuk membuat mereka mengerti bahwa itu sangat memalukan bagi orang tua jika anak-anak mereka mengamuk di tempat umum dan orang lain tidak berpikir baik tentang anak-anak seperti itu.

Anak Anda mungkin tidak melakukan hal itu lagi. Belajar dengan contoh mungkin menjadi senjata terhebat Anda. Anak akhirnya akan menjadi sadar akan orang lain ketika berada di tempat umum yang dapat menghambat perilaku buruk di dalamnya.

9. Cerminkan Perilaku

Ini mungkin tampak lucu tetapi sebenarnya dapat berfungsi untuk beberapa orang. Jika anak Anda marah-marah dan menolak melakukan sesuatu yang Anda minta, Anda bisa menolak melakukan sesuatu untuk mereka juga. Meskipun metode ini cukup kontroversial, tidak ada salahnya mencobanya. Anak-anak sering tidak mengerti apa yang orang lain rasakan ketika mereka membuat ulah.

Mengubah peran untuk sementara mungkin hanya membuat mereka merasakan kekejaman perilaku mereka dan mereka belajar untuk mengendalikan tindakan mereka dari waktu ke waktu.

10. Menghargai Perilaku Baik

Membiarkan anak-anak tahu bahwa Anda menghargai perilaku baik mereka tanpa sadar akan mengurangi perilaku buruk mereka. Jadi penting untuk memberi perhatian pada anak Anda dan memuji tindakan baik mereka. Anak pada akhirnya akan belajar perbedaan antara perilaku baik dan buruk dan dapat belajar untuk berperilaku baik.

Sumber : Republika.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "SIMAK !! Cara Mendisiplinkan Anak tanpa Memukul"

Posting Komentar