Benarkah Gula Sumber Utama Penyebab Diabetes


Kita mungkin sering mendengar kalimat “Jangan makan banyak manisan, Anda akan menjadi penderita diabetes.” Apakah permen benar-benar menyebabkan diabetes? Gula saja bukan alasan untuk diabetes.

Ini sebenarnya gaya hidup Anda secara keseluruhan yang memicu situasi kadar glukosa darah tinggi. Sulit untuk percaya tetapi mereka yang mengkonsumsi gula halus atau makanan manis dalam jumlah besar dengan kehidupan yang hampir tidak aktif mengkonsumsi gula lebih rentan terhadap diabetes.

Sebelum Anda melompat ke kesimpulan bahwa gula saja yang menyebabkan diabetes, Anda harus tahu apa itu gula. Ini adalah jenis karbohidrat yang dibutuhkan untuk menjalankan tubuh Anda.

Katakanlah, misalnya, kendaraan tidak dapat bergerak tanpa bahan bakarnya, tubuh manusia tidak dapat berfungsi tanpa karbohidrat penting. Gula diperlukan untuk fungsi normal tubuh dan secara alami ditemukan dalam buah-buahan dan sayuran yang bila dimakan secara teratur dianggap menguntungkan.

“Makan terlalu banyak gula dapat meningkatkan asupan kalori Anda menjadi lebih dari jumlah normal, lebih lanjut mengarah ke penambahan berat badan yang membuat seseorang rentan terhadap diabetes.” Kata ahli gizi berbasis di Mumbai, Kajal Bhathena.

Namun, jika Anda mampu mengatur berat badan, kemudian mempertahankan hidup sehat dengan makan makanan yang benar. Selain itu rutin dengan latihan maka mengkonsumsi banyak gula tidak akan membahayakan anda.

Diabetes adalah gangguan metabolisme di mana tubuh tidak dapat memetabolisme glukosa sebagai bahan bakar utama yang dibutuhkan untuk tubuh. Sesuai laporan, American Diabetes Association (ADA) setuju bahwa makan gula dapat menyebabkan diabetes adalah mitos yang perlu disingkirkan, tetapi itu tidak sesederhana itu.

Menurut para ahli, diabetes Tipe 1 adalah kondisi autoimun yang disebabkan oleh genetika dan merupakan kondisi di mana pankreas tidak dapat memproduksi insulin. Di sisi lain, diabetes Tipe 1 terkait dengan gaya hidup seseorang di mana insulin yang diproduksi oleh pankreas tidak cukup. ADA juga mengatakan dalam laporannya bahwa untuk mencegah diabetes, seseorang harus menghindari mengkonsumsi minuman manis seperti minuman energi olahraga bersama dengan soda.

Dilansir melalui India Times satu kaleng kecil soda biasa memiliki sekitar 150 kalori dan 40 gram karbohidrat, yang setara dengan 10 sendok makan gula. Minuman seperti soda, minuman buah, atau bahkan minuman energi favorit Anda memiliki banyak gula di dalamnya. Jadi, jika Anda mengonsumsi makanan goreng tanpa batas, soda dan minuman ringan, Anda perlu menyadari bahwa Anda mungkin mengundang diabetes. Sekali lagi, itu bukan gula, tetapi gaya hidup yang menuntun Anda ke penyakit ini.

Penderita diabetes bisa memakan permen jika kadar gula mereka terkendali. Tetapi penting untuk memantau gula secara teratur dan minum obat secara teratur. Anda dapat menikmati makanan penutup dan gula dalam teh dan kopi Anda selama tidak membuat Anda kegemukan. Mantranya adalah membakar apa pun yang Anda makan dengan berolahraga.

Sumber : Republika.co.id


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Gula Sumber Utama Penyebab Diabetes"

Posting Komentar