Cara Efektif Mengatasi Gula Darah yang Naik


Anda pasti pernah secara tidak sengaja memakan semua makanan manis yang tersedia di meja makan saat kumpul keluarga atau sedang nongkrong bareng teman. Hanya saja yang tidak kita sadari hal itu memicu meningkatnya gula darah naik.

Selain itu kita mungkin akan merasakan kelelahan, mual, sakit kepala, mengidam gula tambahan, sakit perut, dan bahkan mungkin sedikit kecemasan. Kelebihan gula itu nyata dan itu tidak enak.

Kabar baiknya adalah bahwa ada beberapa hal sederhana yang dapat Anda lakukan untuk memulihkan diri dari gempuran gula, karbohidrat, dan gluten yang mungkin terjadi. Akan tetapi sebelum kita melangkah ke langkah praktis untuk mendukung tubuh Anda setelah terlalu banyak gula, langkah pertama adalah melepaskan rasa bersalah atau penyesalan yang mungkin Anda rasakan.

Sekarang saatnya untuk mengatasi gejala fisik yang tersisa yang mungkin membuat Anda merasa kurang optimal.


1. Tubuh Terus Bergerak

Semua orang tahu olahraga baik untuk tubuh namun justru sering disepelekan. Padahal olahraga membantu menyeimbangkan gula darah baik dalam jangka pendek maupun panjang.

Dalam jangka pendek, ini membantu meningkatkan sensitivitas insulin yang berarti tubuh Anda dapat lebih baik mengambil glukosa selama dan setelah aktivitas fisik. Selain itu dapat mendorong otot-otot Anda untuk berkontraksi, yang membuat mereka lebih mampu mengambil glukosa dan menggunakannya untuk energi.

Dalam jangka panjang, aktivitas fisik secara teratur dapat menurunkan hemoglobin A1C Anda. Inilah sebabnya mengapa langkah pertama dalam rencana mengurangi meningkatnya gula anda adalah membuat tubuh bergerak. Ini bisa berupa sesi olahraga satu jam, angkat beban 30 menit, sesi yoga 10 menit, atau bahkan berlari dua menit. Intinya adalah memompa darah dan otot-otot Anda bekerja.

2. Tambahkan kayu manis ke dalam minuman

Kita semua memiliki minuman pagi kesukaan kita. Mungkin Anda adalah orang yang sedang minum kopi, penggemar fanatik matcha, penggila teh herbal, atau yang lainnya. Apapun meninuman anda, menambahkan kayu manis di pagi hari ini adalah langkah kedua yang bagus untuk memulihkan diri dari tingginya gula dalam tubuh.

Kayu manis telah lama digunakan sebagai penstabil gula darah, dengan satu studi menunjukkan bahwa pasien yang mengonsumsi 500 mg kayu manis dua kali sehari selama 90 hari mengalami peningkatan kadar A1C hemoglobin. Penelitian lain menunjukkan bahwa mengkonsumsi kayu manis dikaitkan dengan penurunan glukosa puasa, dan suplemen kayu manis bisa menjadi pengobatan pelengkap yang potensial untuk diabetes tipe 2 untuk digunakan bersama dengan perawatan lain seperti perubahan pola makan dan olahraga.


3. Makan makanan yang penuh lemak sehat dan protein.

Sebagai alternatif, cobalah memulai hari dengan makanan enak penuh lemak, serat, dan protein yang sehat. Ketiga nutrisi ini memiliki sifat penyeimbang gula darah dan dapat membantu Anda merasa puas. Lemak, terutama lemak tak jenuh, telah dikaitkan dengan peningkatan resistensi insulin, serat telah dikaitkan dengan penurunan risiko obesitas, penyakit jantung, dan diabetes. Selain itu protein menekan sekresi insulin.

Satu tip terakhir terakhir yaitu minumlah air dengan cuka sari apel sepanjang hari. Keduanya dapat membantu menyeimbangkan gula darah dan membantu tubuh anda pulih.

Sumber : Republika.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Efektif Mengatasi Gula Darah yang Naik"

Posting Komentar