Nutrisi yang Sesuai Dapat Membantu Pasien Kanker


Penyakit kanker merupakan salah satu penyakit yang menjadi perhatian utama di Indonesia. Bahkan tidak sedikit pasien kanker yang belum mendapat asupan nutrisi secara cukup untuk membantu penyembuhan.

Menurut dr. Rebecca N, pengelola klinik utama Yayasan Kanker Indonesia (YKI), data Riset Kesehatan Dasar 2018 Kementerian Kesehatan Republik Indonesia menyebutkan prevalensi tumor atau kanker di Indonesia menunjukkan adanya peningkatan dari 1,4 per seribu penduduk di 2013 menjadi 1,79 per seribu penduduk di 2018. Di tahun 2018, penderita penyakit kanker terdapat 18,1 juta kasus baru kanker dengan angka kematian sebesar 9,6 juta.

Meningkatnya angka penderita kanker salah satu penyebabnya karena pasien kanker enggan mengonsumsi makanan yang sesuai dengan anjuran tenaga medis.

"Memang sering kali pasien kanker mengalami masalah nutrisi ketika menjalani terapi seperti sulit makan, nafsu makan yang berkurang, mual, muntah, perubahan indra perasa dan penciuman, serta gangguan pencernaan seperti diare ataupun konstipasi," kata Rebecca di kantor Yayasan Kanker Indonesia, Lebak Bulus, Jakarta Selatan, baru-baru ini.

Idealnya, kata Rebecca, pemberian nutrisi bagi pasien kanker harus mencakup kalori, protein, dan tambahan vitamin dari suplemen. Selain itu pasien kanker juga membutuhkan beberapa zat gizi tertentu di antaranya zat gizi mikro, karena pasien kanker rentan kekurangan zat tersebut.

"Apabila pasien menghadapi kesulitan untuk mengonsumsi nutrisi secara oral, maka dapat diberikan nutrisi enteral (makanan cair) baik natural maupun formula komersial," urainya.

Terkait persoalan tersebut, YKI terus berupaya untuk mengedukasi masyarakat tentang penanggulangan kanker dengan memperhatikan asupan nutrisi bagi pasien kanker.

"Merupakan salah satu kewajiban dari Yayasan Kanker Indonesia untuk memberikan edukasi yang berkelanjutan bagi masyarakat umum dan pasien kanker serta keluarganya terkait dengan kanker," ujarnya.

sumber : https://gayahidup.inilah.com/read/detail/2551560/nutrisi-yang-sesuai-dapat-membantu-pasien-kanker

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Nutrisi yang Sesuai Dapat Membantu Pasien Kanker"

Posting Komentar