Potensi Penyebab Kanker dan Tips Pencegahannya


Penyakit kanker identik dengan asumsi sulit disembuhkan. Memang, sejumlah kanker bisa dikatakan belum ditemukan obatnya.

Kanker kini telah menjadi epidemi. Sesekali kita mendengar berita duka tentang seseorang yang didiagnosis mengidap penyakit mematikan ini. Tapi pernahkah kita benar-benar mengetahui apa penyebab pasti di balik penyakit mematikan ini?

Pakar Kesehatan Luke Coutinho mencoba memberitahukan beberapa hal terkait kanker. Dilansir NDTV, Luke Coutinho dalam pembicaraannya pada video di Facebook baru-baru ini memaparkan agar pola pikir soal kanker sulit disembuhkan lebih baik dirubah ke arah menghindari potensi yang bisa menyebabkannya.

Menurutnya, kita harus menemukan beberapa masalah sehari-hari yang mungkin menyebabkan kanker. Beberapa orang menyalahkan makanan, pestisida dalam makanan, faktor lingkungan, kualitas air dan polusi udara sebagai alasan utama kanker.

Memang benar bahwa makanan dan gizi memainkan peran besar dalam kehidupan kita. Tetapi ada beberapa faktor lain yang dapat menyebabkan kanker. "Tidak ada yang melihat pencegahan. Kami terus menerima epidemi ini dengan emosi kami tetapi tidak melakukan apa-apa," kata Coutinho.

Ada beberapa faktor yang dapat menyebabkan kanker. Coutinho menjelaskan beberapa masalah umum sehari-hari yang dapat berdampak negatif pada kesehatan, maka sebaiknya seseorang tidak boleh mengabaikannya dan tindakan yang efektif adalah memilih menghindarinya.

Beberapa kemungkinan penyebab kanker yang disampaikan Luke Coutinho, Pelatih Gaya Hidup Holistik, Pengobatan Integratif.

1. Sembelit

Sembelit adalah masalah besar tidak hanya bagi orang-orang di Asia, seperti India tetapi juga di bagian barat. Jika Anda mengalami sembelit, Anda harus segera mengobatinya. Untuk menghilangkan konstipasi, Anda perlu melakukan perubahan signifikan dalam diet Anda. Anda harus makan banyak serat dan biji-bijian. Juga berolahraga secara teratur agar dapat membantu mengatasi sembelit.

2. Acidity (Keasaman)

Kita biasa mendengar kandungan acidity pada sejumlah makanan atau minuman. Acidity merupakan kesamaan yang terlihat pada orang yang didiagnosis menderita kanker. Karena itu, Anda harus mencoba mengendalikannya.

Penyebab utama keasaman adalah makanan berat sebelum tidur, kesenjangan yang panjang antara waktu makan, makanan pedas atau asupan sampah dan makanan olahan yang berlebihan.

Beberapa pengobatan rumahan untuk mengatasi keasaman dapat membatasi asupan alkohol, makanan yang memicu keasaman dan makan makanan ringan. Selain itu, Anda harus menjaga waktu makan secara teratur untuk menghindari keasaman.

3. Tidur

Siklus tidur benar-benar telah berubah. Ini karena jam kerja yang panjang, shift malam atau waktu melihat layar gawai yang berlebihan. Tapi tahukah Anda ada hubungan langsung antara kurang tidur dan penyakit radang?

Tidur yang cukup membantu melindungi, menyembuhkan, dan meremajakan tubuh Anda. Juga, obat-obatan bekerja lebih baik ketika Anda memiliki jumlah tidur yang tepat dan kesehatan usus yang baik. Jadi, sangat penting bagi Anda untuk tidur cukup selama sekitar enam hingga delapan jam.

4. Gaya hidup 

Penyebab utama dari banyak penyakit adalah gaya hidup yang tidak aktif. Gaya hidup dapat menyebabkan diabetes, tekanan darah tinggi dan banyak penyakit kronis lainnya. Latihan fisik secara teratur sangat penting untuk kehidupan yang sehat. Anda harus aktif sepanjang hari.

Selain dari latihan, cobalah menggabungkan beberapa gerakan di antara pekerjaan Anda juga. Misalnya, berjalan sambil berbicara di telfon, gunakan tangga alih-alih lift dan rentangkan diri Anda setelah satu jam.

5. Kesehatan emosional

Kesehatan emosional juga sangat penting untuk gaya hidup sehat. Orang yang sehat secara emosional mampu menghadapi stress, kesedihan, kecemasan, dan kemarahan dengan baik. Meditasi, yoga, dan beberapa latihan pernapasan bisa berdampak positif pada pikiran Anda. Ini juga dapat membantu menangkal semua perasaan negatif.

Sumber : Republika.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Potensi Penyebab Kanker dan Tips Pencegahannya"

Posting Komentar