7 Makanan & Minuman berpotensi Sebabkan Gigi Rusak


Rajin menyikat gigi setiap hari tidak mutlak mampu menjaga kesehatan gigi Anda dan membuat gigi jauh dari ancaman gigi rusak. Pasalnya, melalui makan dan minuman yang kita konsumsi juga dapat mempengaruhi rusaknya gigi. Berikut ini beberapa daftar makanan dan minuman yang tidak disangka-sangka kerap dianggap menjadi penyebab gigi rusak.

Popcorn.
Anda termasuk orang yang senang menikmati popcorn sambil menonton film? Maka kini Anda harus lebih menjaga dan berhati-hati. Pasalnya, seorang dokter gigi di New York, Jonathan Neman, DDS mengatakan, “Tak terhitung jumlah orang yang datang dengan gigi retak karena makan biji popcorn, belum lagi kulitnya. Kulit popcorn bisa menyempil di sela-sela gigi dan menyebabkan gusi juga menjadi sakit.”

Es Kopi Manis. 
Secangkir kopi dengan tambahan pemanis juga dapat merusak gigi. “Paparan susu dan gula secara konstan selama satu jam atau lebih membuat saliva (air liur) sulit untuk melawan gula dan asam yang diproduksi oleh bakteri di mulut kita. Air liur adalah pelindung penting gigi kita, dan dengan mengonsumsi minuman manis, gigi diserang oleh gula, seiring waktu kelenjar ludah gagal untuk melindungi gigi,” ujar dr. Neman.

Buah Kering. 
Anda mungkin berasumsi bahwa buah-buahan kering adalah camilan yang sehat. Nyatanya banyak buah kering tinggi akan gula dan menempel di celah gigi dalam waktu lama, sehingga dapat merusak gigi. “Gula tidak hanya terkonsentrasi, tetapi juga sangat lengket dan duduk di lekukan gigi Anda yang menyebabkan gigi berlubang,” jelas Dr. Neman

Air Lemon Panas. 
Banyak orang menganggap air lemon panas baik untuk dikonsumsi pada pagi hari. Tapi ternyata minuman sehat ini bisa bermasalah bagi gigi. Dokter gigi Raha Sepehrara mengatakan bahwa asam lemon dapat mengikis enamel gigi yang menyebabkan keausan pada enamel gigi. “Paparan berulang-ulang dan sering dari minuman atau makanan asam dapat melarutkan enamel gigi, memperlihatkan lapisan dalam gigi yang disebut dentin, yang lebih kuning dari enamel dan juga sangat sensitif,” jelas dr. Raha.

Kismis Berlapis Cokelat. 
Makanan yang dapat merusak gigi mungkin menjadi favorit banyak orang. Salah satunya cokelat isi kismis. Kata Dr. Marashi, “Mengejutkan, tetapi cokelat saja tidak lebih berbahaya daripada kismis. Kandungan gula lebih tinggi dan kismis yang lengket bisa terjebak di gigi Anda. Cokelat itu hanya minyak tanah untuk api!”

Permen Kenyal atau Gummy Bears.  
Selain lucu karena bentuknya, gummy bears juga memiliki rasa yang enak. Namun, teksturnya yang kenyal membuat permen ini merusak gigi. Seorang dokter gigi kosmetik di Silicon Beach Dental dan juru bicara Hello “Naturally Friendly” Oral Care, Lawrence Fung, DDS, mengatakan, “Gummy bears mengerikan bagi gigi Anda karena menempel pada semua area gigi dan semakin lama permen kontak dengan gigi, semakin banyak asam yang dihasilkan oleh bakteri penyebab lubang.”

Daging Barbekyu. 
Menikmati daging barbekyu memang nikmat, tetapi Anda harus hati-hati. “Daging panggang, seperti iga, adalah beberapa makanan terburuk untuk gigi karena gula karamel yang digunakan dalam saus. Gigi berisiko mudah patah ketika memakan bagian-bagian daging yang karamelnya terlalu banyak, dan tambahan gula tidak pernah baik,” jelas Frederick Baker, DDS. (*)

Sumber : MajalahKartini.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "7 Makanan & Minuman berpotensi Sebabkan Gigi Rusak"

Posting Komentar