Pentingnya Mendengarkan Musik Bagi Ibu Hamil


Tak hanya mampu meningkatkan perkembangan otak janin, mendengarkan musik ketika hamil juga dapat optimalkan pendengaran sang bayi.

Ketika mengandung, ibu akan mentransfer tidak hanya nutrisi lewat apa yang dikonsumi tetapi juga perasaan pada sang janin. Oleh karena itu, mendengarkan musik bagi ibu hamil sangatlah bermanfaat, tidak hanya untuk sang ibu tetapi juga bayi di dalam kandungan.

Karena dengan mendengarkan musik, perasaan dan hati sang ibu akan rileks, tenang, dan senang, dengan demikian bayi pun merasakan hal serupa. Untuk lebih detail, apa saja manfaat mendengarkan musik ketika hamil bagi sang bayi? Berikut jawabannya!

Optimalkan Kemampuan Berpikir dan Berperilaku. Dilansir dari Expectant Mothers Guide, Wilfried Gruhn, Profesor Emeritus dari Music Education University of Music di Freiburg, Jerman mengatakan bahwa musik merangsang pertumbuhan struktur otak dan menghubungkan banyak aktivasi daerah otak.

Pembelajaran didasarkan pada perkembangan otak  di mana paling kuat terjadi pada tahun-tahun awal dan berlanjut selama kehidupan. Perkembangan otak pada dasarnya ditentukan oleh keturunan, tetapi strukturnya sendiri tergantung pada bagaimana individu menggunakannya. Semua pengalaman disimpan dalam otak dan mempengaruhi struktur sarafnya. Inti dari kutipan tersebut adalah bahwa musik dapat merangsang perkembangan awal otak bayi.

Menenangkan Bayi. Studi menunjukkan bahwa bayi dapat mengingat dan mengenali musik yang biasa mereka dengar saat di rahim, untuk setidaknya satu tahun setelah kelahiran. Memperdengarkan musik yang sama yang dimainkan saat dalam kandungan dapat membantu menenangkan bayi, bayi pun dapat lebih cepat tertidur.

Tingkatkan Refleks Bayi. Mendengarkan musik saat hamil membuat bayi dalam rahim dapat mendengarkan getaran yang dihasilkan oleh musik. Tak hanya itu, bayi juga dapat bereaksi terhadap musik. Bayi mungkin mencoba untuk bergerak sesuai denyut getaran musik. Hal ini dapat meningkatkan refleks bayi dan gerakan bayi secara keseluruhan.

Optimalkan Pendengaran. Ketika ibu mendengarkan musik melalui headphone, ini dapat meningkatkan konsentrasi, indera pendengaran, dan keterampilan bayi dalam rahim. Mungkin bayi tidak memahami musik pada saat ini, tetapi getaran dan gelombang musik yang mencapai bayi dapat membuat bayi lebih berkonsentrasi pada suara dan hal ini baik untuk merangsang pendengaran bayi. (*)

Sumber : MajalahKartini.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Pentingnya Mendengarkan Musik Bagi Ibu Hamil"

Posting Komentar