Warna-warni Ikan Guppy


Bagi yang punya hobi memelihara ikan guppy,  ini saatnya menengok kontes berskala internasional di Kota Yogyakarta,  3 dan 4 November 2018. Guppy International Festival digelar di Plaza Pasar Ngasem, Kota Yogya diikuti 50-an peserta komunitas dari dalam dan luar negeri. Juri pun  didatangkan dari luar negeri.

Festival bertaraf internasional ini baru pertama kali digelar di Indonesia. Ikan warna-warni yang indah dan  berukuran kecil yang pamerkan dan diikutkan kontes ini dari berbagai negara. “Ada 10 komunitas ikan guppy yang datang dari luar negeri seperti  dari Taiwan, Cina, Filipina, Malaysia dan Singapura," kata ketua panitia Guppy International Festival 2018, Singgih Setiarso saat  pembukaan festival di Plaza Pasar Ngasem, Sabtu, 3 November 2018.

Kesempatan untuk menikmati indahnya ikan guppy bagi wisatawan ini juga sangat langka. Selain bisa melihat, juga bisa membeli ikan ini.  Kontes ikan guppy ini dibagi dalam 18 kelas. Antara lain kelas pasangan, kelas pejantan dan kelas breeder. Total hadiah  yang direbutkan sebesar US$ 2.500. Selain kontes, festival ini juga mewadahi pengembangbiakan ikan guppy nasional dengan pembeli dari dalam dan luar negeri. “Paling tidak, ada transaksi Rp 500 juta,” kata dia.

Perhelatan seperti ini, kata Singgih,  diharapkan menjadi langkah awal dari komunitas ikan guppy nasional untuk mengenalkan ikan guppy produksi Indonesia  mampu diterima dengan baik oleh pembeli  internasional.

Ikan guppy  adalah salah satu spesies ikan hias air tawar. Ikan ini mudah menyesuaikan diri dan mudah  beranak-pinak. Ciri dari ikan ini ukurannya kecil tapi banyak warna. Ekornya sangat lebar dan warna-warni. Jenis ikan  guppy antara lain  platinum red tail, Japan blue red mozaik, plat red tail, blonde yellow, flower dan dragon.

Ukurannya hanya 3 sentimeter dan paling besar hanya mencapai 10 sentimeter.  Namun harganya lumayan tinggi. Ikan ini dijual berpasangan. Sepasang mulai Rp 50 ribu hingga Rp 100 ribu. Paling tinggi bisa mencapai Rp 2,5 juta. Tergantung besar dan keindahan warnanya. “Kami juga mengenalkan ikan guppy kepada anak-anak,” ujarnya.

Wakil Walikota Yogyakarta Heroe Poerwadi menyatakan, meskipun di kota ini tidak ada tempat khusus untuk budidaya ikan guppy, festival ini bisa menginspirasi masyarakat.   Ikan ini juga mempunyai nilai ekonomi yang bisa menjadi sumber pendapatan selain hobi.“Festival ini bisa mengenalkan pariwisata Indonesia di kancah internasional,” kata dia.

 MUH SYAIFULLAH

Sumber : tempo.co

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Warna-warni Ikan Guppy"

Posting Komentar