Samsung Umumkan Chipset Anyar Exynos 9820


Samsung mengumumkan kehadiran chipset terbarunya, Exynos 9820, yang kemungkinan besar bakal menjadi salah satu dapur pacu flagship smartphone seri Galaxy S10. Apa saja keunggulannya?

Mengutip GSM Arena, Exynos 9820 dibuat dengan pabrikasi baru 8nm Low Power Plus (LPP) FinFET, yang merupakan evolusi dari Exynos 9810 yang dibuat dengan pabrikasi 10nm. System-on-a-chip (SoC) ini dilengkapi dengan modem LTE 2 Gbps, Tri-cluster CPU dan Neural Processing Unit (NPU) anyar.

Ada delapan inti (core) yang pada CPU Exynos 9820, yaitu dua core CPU custom, dua core Cortex-A75, dan empat Cortex-A55 untuk efisiensi baterai.

Konfigurasi baru ini disebut Samsung memiliki performa multi-core yang lebih tinggi 15 persen ketimbang Exynos versi sebelumnya. Sedangkan performa single-core-nya diklaim meningkat 20 persen dan efisiensi baterai meningkat 40 persen.

Sementara modem LTE-Advanced Pro merupakan sebuah tahapan menuju chipset 5G, di mana mempunyai kecepatan downlink maksimal 2Gbps dan uplink 316Mbps.

Seperti pendahulunya, Exynos 9820 bergantung pada teknologi 4x4 MIMO, 256-QMA dan eLAA untuk menghasilkan kecepatan koneksi yang sangat tinggi.

Pada sisi prosesor pengolah grafis atau GPU, Samsung menggunakan core Mali-G76 yang diklaim bisa menghasilkan performa 40 persen lebih tinggi atau penghematan daya 35 persen yang efeknya adalah penggunaan aplikasi VR dan AR yang lebih lama.

Ada juga NPU anyar yang terpisah dari CPU dan GPU yang bisa membuat pemrosesan AI tujuh kali lebih kencang. Pada praktiknya, NPU ini bisa membantu pengaturan kamera sesuai dengan kondisi objek dan pencahayaan yang ada.

Samsung menyebut Exynos 9820 mulai diproduksi massal pada akhir 2018, yang artinya chipset terbaru ini akan siap digunakan ketika seri Galaxy S10 diluncurkan pada Q1 2019.

Sumber : Inilah.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Samsung Umumkan Chipset Anyar Exynos 9820"

Posting Komentar