Peredaran Smart Speaker Segera Capai 100 Juta Unit


Pengapalan smart speaker atau speaker pintar secara global mencapai jumlah tertinggi pada kuartal ketiga 2018. Perangkat ini disebut telah dipasarkan sebanyak 22,7 juta unit di seluruh dunia, pada periode Juni hingga September lalu.

Mengutip Phone Arena, jumlah tersebut meningkat sebesar 197 persen, jika dibandingkan dengan total pendistribusian pada periode yang sama di tahun lalu. Basis pengiriman global juga dilaporkan bertumbuh pesat.

Pertumbuhan itu mengindikasikan bahwa semakin banyak konsumen yang membeli Amazon Echo, Google Home, Apple HomePod, dan produk speaker pintar lainnya, untuk pertama kalinya. Secara keseluruhan, industri yang meluas ini diperkirakan akan mencapai 100 juta ini pada November ini.

Selain itu, jumlah speaker pintar yang dibeli dan digunakan oleh konsumen juga diprediksi akan melebihi 125 juta unit setidaknya pada akhir tahun 2018 ini.

Apabila prediksi jumlah 100 juta unit tersebut akurat, speaker pintar akan meraih pencapaian tertingginya jika dibandingkan dengan teknologi perangkat konsumer lain yang diluncurkan selama 10 tahun terakhir.

Hal ini berarti perangkat tersebut secara resmi menjadi perangkat teknologi terpopuler sejak smartphone pertama kali diluncurkan.

Amazon dilaporkan masih memimpin pada daftar speaker pintar terpopuler selama kuartal ketiga 2018 ini.

Amazon Echo didistribusikan sebanyak 7,2 juta unit selama kuartal ketiga tahun 2018, memberikannya pangsa pasar sebesar 31,6 persen. Jumlah ini juga dilaporkan meningkat sebesar 45 persen jika dibandingkan dengan periode sama tahun lalu.

Namun, speaker pintar besutan Apple, HomePod, dilaporkan mengalami peningkatan jumlah unit yang terjual, dari 700 ribu unit menjadi 1,1 juta unit.

Sementara itu, Google dengan Google Home-nya masih menjadi pesaing utama Amazon, dengan pendistribusian sebanyak 5,2 juta unit.

Jumlah tersebut memberikannya pangsa pasar sebesar 22,7 persen, meningkat dari periode April hingga Juni 2018 lalu, dengan jumlah sebesar 3,2 juta unit dan pangsa pasar sebesar 27,6 persen.

Alibaba, Baidu, dan Xiaomi turut menjadi pesaing untuk raksasa teknologi tersebut, serta membantu China menjadi pasar terbesar kedua di dunia untuk speaker cerdas setelah AS.

Sumber : Inilah.com


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Peredaran Smart Speaker Segera Capai 100 Juta Unit"

Posting Komentar