Mampir Solo Jangan Lupa Bawa Camilan Ini

Indonesia memiliki beragam budaya beserta kultur yang mempengaruhi cita rasa setiap masakan khas tradisional masing – masing daerah. Berbagai makanan khas tersebut selalu hadir di segala suasana, terutama untuk meramaikan hari – hari besar di Indonesia.

Oleh –oleh berupa makanan khas akan menjadi hal yang umum dijumpai. Khususnya untuk dibagikan pada sanak saudara, tetangga dan kerabat dekat sebagai tanda jalinan silaturahmi.

Kota Solo tidak hanya terkenal dengan kota budaya, tapi juga terkenal dengan jajanannya yang murah meriah. Apa makanan khas solo yang anda pikirkan ketika berkunjung ke kota ini?

Jika anda sedang melakukan liburan bersama keluarga atau mudik ke Solo bisakah menebak apa oleh-oleh khas Solo yang terkenal?

Berikut akan kami bagikan beberapa ulasan mengenai hal tersebut khusus untuk anda para traveller di Solo.

1. Intip


Pernahkah anda mendengar nama jajanan oleh –oleh khas Solo murah meriah ini?

Pembuatan intip dimulai dari pengambilan kerak nasi yang melekat pada panci, setelah itu akan dijemur dahulu pada terik panas matahari.

Dan setelah sangat sekering kemudian digoreng menggunakan minyak panas. Intip memiliki cita rasa gurih, asin dan renyah.

Selain itu terdapat pula yang memiliki rasa manis berasal dari karamel gula jawa menambah kelegitan intip saat menggigit bagian dalamnya. Anda dapat dengan mudah mendapatkannya karena banyak dijual di sentra penjualan oleh-oleh khas Solo yang terkenal.

Harga yang harus anda bayar untuk makanan ini berkisar antara Rp.5.000 hingga Rp.10.000. Meski begitu ada juga toko oleh-oleh yang menjual sampai dengan Rp.15.000.

2. Ampyang


Ampyang  yang memiliki nama lain Gula Kacang ini merupakan salah satu oleh – oleh tradisional Solo.

Dengan komposisi kacang, gula merah, dan jahe. Cita rasa dari ampyang sendiri adalah manis dan legit karena bersal dari campuran bahan – bahan tersebut. Cara membuat ampyang  sangat mudah.

Gula jawa merah dilelehkan kemudian dicampur kacang tanah selanjutnya dicetak sesuai selera. Harga dari oleh-oleh khas Solo murah meriah ini adalah sekitar Rp 4.000 hingga Rp 15.000, tergantung dari besar kecil ukurannya.

Anda dapat dengan mudah memukan makanan ini di pusat oleh-oleh khas Solo. Selain itu anda juga dapat berkunjung ke Pasar Gedhe.

Makanan manis nan legit khas Solo ini akan selalu membuat rindu bagi para wisatawan yang berkunjung ke Kota Solo.

3. Serabi Solo


Terbuat dari tepung beras yang dicampur dengan santan. Kue Serabi Solo ini mampu menjadi Oleh – oleh khas Solo online yang dipasarkan dengan pembeli sangat banyak.

Proses pembuatannya dilakukan dengan digoreng di atas arang mirip pannekoek. Berbekal ide bisnis dari anak muda, kue serabi ini dikreasikan dengan  diberi topping taburan. Berupa potongan nangka, pisang, meses dan keju.

Pembuatan adonan serabi juga dapat dicapur dengan berbagai variasi bubuk perasa. Seperti pandan, green tea, coklat, strawberry atau vanilla bila suka.

Mempunyai bentuk yang menyerupai pancake, serabi sangat digemari sebagai  oleh – oleh khas Solo online yang dikenal anak muda.

Serabi biasanya berbentuk  bulat dan sedikit cekung. Lebih tipis dan pada bagian tepinya terdapat tepung tipis kering yang menyerupai kulit kayu.

Sekarang bentuk serabi tidak hanya bulat, namun dapat berbentuk bintang, love, dan bunga sesuai cetakannya. Serabi Solo mempunyai rasa yang manis , gurih dan sangat lembut.

Untuk dijadikan oleh-oleh anda bisa  bisa mendapatkannya di Jl Mohammad Yamin No 28, Solo. Serabi ini sudah ada sejak tahun 1920.

Anda dapat membelinya dengan harga sangat terjangkau yaitu mulai dari Rp 1.800 untuk kue serabi polos. Jika anda menginginkan rasa lain maka harga yang ditawarkan adalah Rp 2.000.

4. Roti Kecik Ganep


Roti Kecik Ganep merupakan jenis roti yang diolah menggunakan bahan tepung ketan. Roti ini mapu bertahan lama dalam penyimpanan yang baik sehingga sangat cocok sebagai oleh-oleh khas Solo.

Rasa Roti Kecik Ganep ini manis dan gurih. Sangat cocok apabila makanan ini dikonsumsi sembari menyeruput teh hangat pada saat anda sedang bersantai.

Berbagai variasi harga dari Roti kecik saat ini tergantung dari besar kecil kemasannya. Mulai dari berat 45 gram hingga yang terbesar 600 gram. Harga yang harus anda bayarkan adalah kisaran mulai dari Rp 5.000 hingga Rp 57.000.

5. Abon Mesran Solo


Apakah anda pernah merasakan abon? Kota Solo memiliki salah satu oleh-oleh khasnya yang berupa abon.

Abon Mesran Solo adalah salah satu makanan pelengkap yang terbuat dari olahan daging ayam atau daging sapi. Rasa yang tersedia adalah manis dan agak pedas.

Makanan ini sangat pas untuk disajikan dengan nasi hangat atau saat anda menyantap nasi goreng. Jika anda ingin membelinya sebagai oleh-oleh juga bisa karena tahan lama.

Harga yang dipatok sekitar Rp 35.000 untuk satu bungkus abon. **

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Mampir Solo Jangan Lupa Bawa Camilan Ini"

Posting Komentar