Ini Perbedaan Pneumonia dan TBC


Anda mengalami batuk dan pilek yang menggangu? Mungkin Anda menderita pneumonia atau justru Anda malah terkena tuberkulosis (TBC). Apa sih perbedaan kedua penyakit itu?

Menurut Ketua Divisi Infeksi Departemen Pulmonologi dan Ilmu Kedokteran Respirasi FKUI RS Persahabatan Erlina Burhan, pneumonia berbeda dengan TBC. Perbedaannya terletak pada kuman yang penyebabnya. TBC adalah infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis yang menyerang dan merusak jaringan tubuh manusia. Sedangkan pneumonia adalah infeksi di jaringan paru yang bukan disebakan oleh kuman tersebut.

"Pneumonia adalah infeksi atau peradangan akut pada parenkim atau jaringan paru yang diakibatkan bakteri, virus, jamur atau parasit," kata Anggota Pokja Infeksi Nontuberkulosis Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) disela konferensi pers World Pneumonia 2018, yang diselenggarakan PDPI di Jakarta, Selasa (12/11).

Selain itu, gejala pneumonia juga akut atau cepat dan mendadak berbeda dengan TBC yang gejalanya kronik. Gejala pneumonia adalah demam tinggi bahkan sampai menggigil. Penderita pneumonia juga alami batuk berdahak yang kental berwarna hijau, kuning bahkan berkarat. Penderita pneumonia juga alami sesak nafas.

Sedangkan batuk TBC itu ringan, namun berlangsung lama. Demam pada TBC pun tidak tinggi seperti pneumonia. Gejala lainnya berat badan penderita turun. Dokter Erlina mengingatkan bagi pasien pneumonia atau TBC sebaiknya menggunakan masker karena penyakit tersebut bisa menular melalui udara.

Sumber : Republika.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Perbedaan Pneumonia dan TBC"

Posting Komentar