Bakso Wonogiri dan Solo Terkenal Enak


Bakso memang bukan makanan asli Indonesia tapi ada beberapa daerah yang terkenal dengan baksonya. Seperti Wonogiri dan Solo yang penjualnya ada di mana-mana.

Selain rasa baksonya yang enak, ternyata ada hal lain yang membuat bakso Wonogiri dan Solo terkenal. Meskipun tidak ada sejarah yang mencatat jelas soal perkembangan bakso di dua daerah ini, tapi eksistensi penjual bakso ini bisa menunjukkan seberapa populernya bakso dari dua daerah ini.

Penjual bakso di Wonogiri berjualan secara turun temurun, hal inilah yang membuat Wonogiri dikenal sebagai kota bakso. Selain itu, berdagang bakso juga jadi usaha keluarga yang semakin lama semakin luas cakupannya.


Pedagang bakso ini lambat laun bergerilya ke kota-kota besar di Indonesia, salah satunya Jakarta. Di Jakarta sendiri, ada paguyuban pedagang bakso yang banyak berasal dari Solo dan Wonogiri.

Dalam komunitas ini, semua pedagang bakso berkumpul dan saling berinteraksi. Tak ada beda antara penjual bakso kios ataupun gerobakan, semua saling berbagi informasi sekaligus jadi wadah silaturahmi.

Saat berkumpul, para pedagang bakso ini akan saling berbagi informasi, pengalaman serta tips dan trik mengembangkan usaha. Secara tidak langsung, para pedagang bisa membuat dan menyajikan bakso-bakso berkualitas.

Kuatnya tali silaturahmi dan kebersamaan ini tampaknya menjadi salah satu hal yang membuat semakin banyak orang Wonogiri berjualan bakso. Pasalnya kalau dilihat dari komoditas unggulan, Wonogiri dikenal sebagai penghasil kacang mete, jamu dan gaplek.

Bakso Wonogiri terkenal memiliki tekstur yang kenyal dan banyak mengandung daging. Racikan bumbu pada adonan bakso ini juga membuatnya banyak disukai orang. Belum lagi kuah kaldu bening yang terasa gurih.


Cara paling mudah membedakan bakso Solo dan bakso Wonogiri adalah pada bagian kuahnya. Kalau bakso Wonogiri punya kuah bening karena umumnya memakai kaldu tulang sapi. Sementara bakso Solo punya kuah yang cenderung keruh dan kaya bumbu karena memakai kaldu daging.

Di Jakarta, tak sulit menemukan pedagang bakso Solo dan bakso Wonogiri. Biasanya pedagang akan mencantumkan asal daerah pada spanduk ataupun gerobaknya. Nah kalau Anda lebih suka bakso Wonogiri atau bakso Solo?

Sumber : detikfood

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bakso Wonogiri dan Solo Terkenal Enak "

Posting Komentar