Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui


Pola diet saat menyusui pada dasarnya sama dengan diet harian ketika tidak menyusui. Perbedaan utamanya adalah ibu menyusui membutuhkan lebih banyak kalori.

Saat menyusui, wanita membutuhkan 450-500 kalori tambahan per hari. Nutrisi khusus, seperti zat besi, kalsium, kalium, vitamin A dan D sangat bermanfaat ketika menyusui. Makan makanan bervariasi juga penting untuk mengenalkan bayi menu-menu berbeda, sehingga memudahkan bayi memasuki tahap makanan pendamping ASI (MPASI).

Pembaca Republika.co.id, berikut adalah makanan yang disarankan untuk dikonsumsi ibu menyusui, dilansir dari Medical News Today, Senin (3/9).

1. Buah-buahan


Grapefruit dan jeruk merupakan sumber nutrisi bagus untuk ibu menyusui. Buah ini juga meringankan sembelit yang dialami ibu setelah melahirkan. Usahakan Anda mengonsumsi dua cangkir buah per hari mencakup berbagai jenis buah berbeda, seperti blewah, melon, pisang, mangga, aprikot, dan plum.


2. Sayuran

Ibu menyusui eksklusif harus mengonsumsi tiga cangkir sayuran per hari. Mereka yang menyusui langsung bersamaan dengan pemberian susu formula untuk bayi disarankan mengonsumsi 2,5 cangkir sayuran per hari.

Sayuran kaya vitamin dan antioksida. Jenis yang direkomendasikan adalah yang mengandung vitamin A, seperti bayam, kale, sawi, wortel, ubi jalar, labu, tomat, dan paprika.

3. Biji-bijian


Biji-bijian menawarkan nutrisi penting, terutama yang utuh, seperti beras merah dan gandum. Ibu sebaiknya makan delapan ons per hari jika menyusui eksklusif atau enam ons per hari jika digabung dengan susu formula.

Jenis biji-bijian yang direkomendasikan adalah quinoa yang tinggi protein. Sereal, seperti gandum utuh juga pilihan terbaik dan sebaiknya tidak mengandung gula tambahan.


4. Protein


Tubuh membutuhkan tambahan 25 gram protein per hari atau total 65 gram protein per hari saat menyusui. Para ahli merekomendasikan daging sapi tanpa lemak, domba, tiram, kepiting, kerang, salmon, herring, pollock, sarden, dan trout.

Makanan laut kaya asam lemak omega-3 yang mendukung pertumbuhan otak sehat pada bayi. Salmon, sarden, dan trout pilihan terbaik karena tinggi omega-3, namun rendah merkuri. Ibu menyusui sebaiknya menghindari tuna albacore, todak, hiu, dan king mackerel karena tinggi merkuri.

5. Susu


Saat hamil dan menyusui, kalsium dari tulang ibu pasti terkuras. Ini menyebabkan wanita berisiko osteoporosis jika tak mendapat cukup kalsium dan vitamin D. Produk susu, seperti keju, susu cair, yogurt adalah sumber kalsium yang baik, ditambah vitamin D.


6. Suplemen


Suplemen tambahan jika diperlukan juga baik dikonsumsi ibu menyusui. Ibu sebaiknya mendapat rekomendasii dokter.

Sumber : Republika.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Rekomendasi Makanan Terbaik untuk Ibu Menyusui"

Posting Komentar