Suzuki Siapkan Produk SUV untuk Pasar Indonesia?


Sampai saat ini, Suzuki masih menjadi salah satu pabrikan yang belum memiliki produk di segmen SUV (Sport Utility Vehicle). Head of Brand Development and Marketing Research PT Suzuki Indomobil Sales (SIS), Harold Donnel mengaku Suzuki Indonesia sudah coba memberikan masukkan terhadap Suzuki Motor Corporation (SMC) dan kini tengah dipelajari.

"Kita sampaikan ke prinsipal, Indonesia ingin yang aerodinamis. Mereka masih mendengarkan, coba desain baru untuk memenuhi market di Inonesia," katanya beberpa waktu lalu.

Seperti diketahui, saat ini segmen SUV masih dihuni Toyota Fortuner, Mitsubishi Pajero, dan Nissan Terra yang akan hadir dalam waktu dekat.

Harold menjelaskan bahwa kiblat pengembangan SUV Suzuki dan karakteristik di Indonesia berbeda.

"Kiblatnya beda. Kiblat Suzuki dengan Grand Vitara atau Jimny kiblatnya adalah kotak-kotak, fungsionalis, rigid atau kokoh bawaanya," ujar Harold, Senin (2/7/2018).

Sementara karakteristik konsumen Indonesia, dikatakan Harold, lebih kepada SUV yang memiliki kelekukan dinamis. Bahkan, untuk Vitara Dreza yang dikembangkan di India juga masih dengan nuansa kotak khas Suzuki.

"Kalau dipaksakan masuk ke Indonesia, sama seperti menggarami air laut," tutup Harold.

Kabar peluncuran Suzuki Jimny kian mencuri perhatian para pecinta salah satu mobil ikonik itu di Tanah Air dan kabar gembiranya: PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) selaku distributor resmi mobil Suzuki di Indonesia membuka lebar peluang SUV itu dijual di Nusantara.

Head of Product Development & Marketing Research PT. SIS, Harold Donnel, ketika ditemui di Ubud, Bali pada Rabu (27/6/2018), mengatakan Suzuki Jimny cocok untuk pasar Indonesia dan kemungkinan besar akan dijual di Tanah Air.

"Apapun yang diciptakan oleh Suzuki Motor Corporation (SMC) pada dasarnya harus bisa fit di Indonesia. Karena Indonesia salah satu pilar terbesar Suzuki secara global, jadi cocok atau tidak, pasti cocok," tegas Harold.

Kendati demikian, Harold menjelaskan, untuk dapat dipasarkan di Indonesia ada beberapa persyaratan harus disiapkan. Di antaranya seperti urusan administratif antara prinsipal dengan distributor.

Selain itu, perlu ada homologasi terkait dengan kesiapan unit yang akan dijual dan juga standardisasi pemerintah.

"Ini kalau di rata-rata baru akan rampung sekitar 6 - 9 bulan hari kerja," kata Harold.

Suzuki Jimny generasi ke-3 pernah diluncurkan di ajang Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2017 lalu. Namun hanya dalam hitungan jam SUV tersebut langsung ludes terjual.

"Itu kita bawa 88 unit dan dalam 2 jam sudah habis. Karena sekarang orang punya Jimny itu lebih ke mobil koleksi bukan lagi untuk harian," papar Harold.

Untuk saat ini Suzuki Jimny memang masih diproduksi di negara asalnya, Jepang. Sejauh ini Harold mengaku belum ada informasi bila Jimny akan dirakit di negara lain, termasuk di Indonesia.


Diungkap oleh media Inggris Autoexpress, Jimny generasi  keempat itu bakal tampil perdana di Britania Raya pada 2019 nanti. Namun soal harga masih dikira-kira.

Untuk pasar Eropa, kisaran berada pada GBP 12.999 atau GBP 13.000 atau setara kurang-lebih Rp 240.000.000 - Rp 260.000.000.

Apa saja yang ditawarkan Suzuki Jimny dengan harga menggiurkan begini?

Berdasarkan laman resmi Suzuki Global, Jimny akan hadir dengan identitas yang tidak jauh berbeda, namun semakin stylish.

Contohnya bodi kotak yang kini lebih rounded pada sudut-sudutnya. Desain eksterior juga dibuat semakin garang dengan hadirnya bemper berwarna hitam pada bagian depan dan belakang.

Tampilan ini dipercantik dengan penggunaan lampu utama serta lampu kabut yang masih berbentuk bulat. Tidak ketinggalan, penggunaan "konde" (ban serep) yang tetap dipertahankan di bagian luar pintu belakang.

Masih berdasarkan laman yang sama, bagian interior Jimny juga terlihat mempertahankan gaya lama dengan beberapa sentuhan modern. Hal ini terlihat dari dipasangnya layar multimedia, port USB, serta kontrol media pada bagian lingkar kemudi.

Diterangkan pula bila All New Suzuki Jimny akan hadir dengan beragam pilihan warna. Pilihan satu warna atau monotone tersedia dalam warna Jungle Green, Bluish Black Pearl 3, Medium Gray, Silky Silver Metallic, dan Superior White.

Sementara versi dua warna atau two-tones terdiri dari balutan warna hitam di bagian atap yang berpadu warna utama Kinetic Yellow, Brisk Blue Metallic, dan Chiffon Ivory Metallic.

Informasi terkini dari situs ini adalah diterapkannya penggunaan rangka tangga, suspensi 3-link rigid axle, dan transmisi penggerak empat roda (4WD).


Sumber : Suara.com

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Suzuki Siapkan Produk SUV untuk Pasar Indonesia?"

Posting Komentar