Wisman Mulai Ramaikan Bali Jelang Lebaran


Wisatawan mancanegara (wisman) mulai meramaikan Bali menjelang libur dan Lebaran Idul Fitri 2018. Hal ini terlihat dari data pergerakan penumpang dan pesawat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Badung.

"Kedatangan pesawat rute internasional melonjak 29,73 persen, sementara jumlah penumpangnya meningkat 30,72 persen per 10 Juni atau H-6 Lebaran dibanding tahun lalu," kata Communication & Legal Section Head Bandara I Gusti Ngurah Rai, Arie Ahsanurrohim, Senin (11/6).

Data Posko Terpadu Monitoring Angkutan Lebaran 1439 Hijriyah Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai menunjukkan jumlah pesawat rute internasional menuju Bali H-6 mencapai 96 pesawat, naik dibanding 74 pesawat Lebaran tahun lalu. Selaras dengan jumlah penumpangnya yang meningkat dari 13.589 penumpang tahun lalu menjadi 17.764 penumpang tahun ini.

Wistawan domestik juga ada yang memilih menghabiskan Lebaran di Bali. Ini terlihat dari jumlah kedatangan pesawat ke Bali dari berbagai kota di Indonesia yang meningkat 21,78 persen, dari 101 pesawat tahun lalu menjadi 123 pesawat tahun ini.

"Penumpang domestik yang datang juga bertambah, dari 11.831 orang tahun lalu menjadi 18.317 orang tahun ini," ujar Arie.

Hingga H-6 Lebaran tahun ini, total pesawat yang mendarat di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencapai 849 pesawat, meningkat 9,13 persen dibanding tahun lalu, sementara total jumlah penumpangnya mencapai 131.144 orang atau naik 4,84 persen dibanding tahun lalu. Pada periode sama, ada enam pesawat penerbangan tambahan (extra flight) yang mendarat di Bali, dan lima pesawat berangkat meninggalkan Bali.

Otoritas Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai membuka 724 penerbangan ekstra menjelang libur panjang dan Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriyah. Jumlah ini meningkat signifikan, mencapai 96 persen dibanding 369 penerbangan ekstra Lebaran tahun lalu.

Sejumlah maskapai yang mengajukan penerbangan ekstra, di antaranya Citilink, Sriwijaya Air, Nam Air, Indonesia Air Asia, Garuda Indonesia, Lion Air, Batik Air, dan Wings Air. Posko Monitoring Angkutan Lebaran di Ngurah Rai dibuka sejak 7 Juni hingga 24 Juni mendatang.

Sumber : Republika.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Wisman Mulai Ramaikan Bali Jelang Lebaran"

Posting Komentar