Tiara Andini Terpaksa Absen di Kejuaraan Downhill Asia


Pembalap "down hill" putri andalan Indonesia untuk Asian Games 2018, Tiara Andini Prastika dipastikan absen pada kejuaraan Asia (ACC) di Cebu, Filipina, pada Mei mendatang. Tiara masih harus menjalani pemulihan  pascaoperasi untuk penyembuhan cedera.

"Saya operasi 20 Maret lalu. Menurut dokter, saya harus istirahat sekitar tiga bulan. Kalau dihitung Juni atau Juli baru bisa turun," kata Tiara Andini, Rabu (28/3).

Gadis kelahiran Semarang 22 Maret 1996 ini mengalami cedera pada telunjuk kanan. Cedera tersebut didapat saat menjalani pemusatan latihan nasional (pelatnas) persiapan Asian Games 2018. Meski demikian, Tiara tetap berlatih sesuai dengan program.

"Untuk latihan /endurance dan /gym terus saya lakukan sesuai dengan program. Cuma belum turun di trek saja. Jadi saya kira tidak mengganggu persiapan menuju Asian Games 2018," kata pebalap yang pernah turun di kejuaraan dunia Australia 2017 itu.

Meski Tiara absen di kejuaraan Asia, Indonesia tetap akan berperan di kejuaraan tersebut mengingat akan digunakan menjadi tolok ukur kemampuan. Apalagi pembalap Asia yang akan turun di Asian Games 2018 juga akan berpartisipasi di kejuaraan tersebut.

Ada lima pembalap yang bakal dikirim yaitu Hildan Afos Katana, Khoiful Mukhib, Popo Ario Sejati dan Nining Purwoningsih. Mereka saat ini terus berlatih di tiga tempat yaitu Batu, Poncokusumo Malang dan di Prigen Pasuruan, Jawa Timur.

Selain absen di ACC, Tiara juga dipastikan absen pada kejuaraan yang masuk kalender federasi balap sepeda dunia yaitu Indonesia Down Hill (IDH) 2018 seri pertama di Bukit Hijau, Bantul, Yogyakarta, 21-22 April. Kejuaraan ini juga bakal diikuti pebalap mancanegara.

"ACC sangat penting buat kami karena akan digunakan untuk mengukur kemampuan sebelum Asian Games," kata kapten timnas down hill Indonesia, Popo Ario Sejati saat dikonfirmasi sebelumnya.

Sebelum turun di ACC, timnas down hill juga dijadwalkan menjalani pemusatan latihan di Australia. Hanya saja, untuk kepastian berangkat belum ditentukan oleh PB ISSI sebagai induk organisasi balap sepeda Indonesia.

Sesuai dengan jadwal, down hill Asian Games 2018 bakal digelar di Subang, Jawa Barat. Trek yang digunakan benar-benar baru dan baru atlet nasional yang mencoba lintasan tersebut yaitu pembalap senior, Popo Ario Sejati.

Sumber : Antara

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tiara Andini Terpaksa Absen di Kejuaraan Downhill Asia"

Posting Komentar