Cara Tingkatkan Energi dengan Efektif


Jika cadangan energi Anda sangat berkurang, Anda tidak sendirian. Sekitar 75 persen orang Amerika merasakan gejala fisik stres, termasuk kehilangan energi, menurut survei terbaru oleh American Psychological Association.

Ada beberapa kebiasaan kecil yang mungkin membuat Anda sangat lesu. Namun, ada pula hal-hal kecil yang dapat Anda mulai lakukan untuk meningkatkan energi.

Dikutip di Huff Post, terdapat beberapa strategi yang didukung para ahli untuk membantu Anda mengisi energi sepanjang hari. Lihatlah perubahan kecil yang dapat Anda lakukan setiap harinya. Ini akan membantu Anda merasa lebih bersemangat besok.

Lebih banyak mengunyah

Mengunyah adalah bagian yang sangat penting dari proses pencernaan. Tetapi lebih dari itu, mengunyah dapat membuat tubuh Anda lebih mudah memecah kelompok nutrisi dan mengubahnya menjadi energi. Pencernaan juga merupakan proses yang cukup berat, jadi ketika Anda mengonsumsi makanan, tubuh Anda harus bekerja lebih keras untuk mengunyah makanan, dan melahap simpanan energi Anda dalam proses tersebut.

“Jumlah optimal mengunyah per gigitan tidak jelas. Namun, disarankan agar Anda perlu mengunyah makanan 25 hingga 40 kali untuk menikmati manfaat pengaturan nafsu makan,” kata kepala nutrisi dan konten editorial, Edwina Clark di Raised Real.

Kurangi minum kopi

Kafein dalam kopi menghalangi reseptor tertentu di otak Anda dari menerima adenosin dan neurotransmitter yang menyebabkan kelelahan."Meskipun kafein mencegah otak Anda menerima adenosin, itu tidak menghentikan tubuh Anda untuk memproduksinya," kata asisten profesor di Touro College of Osteopathic Medicine, Niket Sonpal di New York. Jadi, begitu kafein habis, itu adalah penumpukan adenosin yang menguras energi.

Anda perlu pertimbangkan untuk mengurangi minum kopi dan hindari minum kopi di sore hari untuk meningkatkan kualitas tidur Anda di malam hari. Perubahan halus ini dapat membantu mengurangi asupan kafein dan mengurangi faktor crash. Crash adalah periode kelelahan dan hilangnya energi yang terjadi setelah efek minuman ini habis. Dengan mengurangi kafein, ini akan membuat tingkat energi Anda terasa lebih stabil.

"Meskipun mengurangi ketergantungan kita pada kafein terdengar menakutkan, ini dapat membantu Anda merasa lebih bersemangat dalam jangka panjang," kata Sonpal.

Lebih banyak gerak

Semakin banyak gerakan berarti juga meningkatkan sirkulasi darah dan juga mengurangi jumlah usaha yang harus digunakan tubuh untuk menjaga sistem Anda tetap berjalan. "Dengan hanya menambahkan rata-rata 250 langkah sehari dalam setiap minggu, Anda sedang melatih otot, sistem energi, dan pikiran Anda untuk bergerak lebih banyak dan menjadi lebih baik dalam melakukannya," kata seorang ahli fisiologi olahraga dan pelatih, Menachem Brodie di Human Vortex Training.

Brodie mengatakan, saat kebugaran kardiorespirasi atau lamanya waktu Anda dapat berolahraga sebelum mulai merasa lelah meningkat, Anda akan lebih mudah melewati kesibukan sehari-hari Anda. Berjalan mondar-mandir selama panggilan telepon, berjalan cepat di kantor, dan menaiki tangga adalah cara-cara yang tidak mengganggu untuk menambah jumlah langkah Anda.

Tambahkan serat dalam makanan

"Karbohidrat kompleks yang ditemukan dalam makanan seperti biji-bijian, sayuran, kacang-kacangan dan biji-bijian, mengandung glukosa yang merupakan sumber energi utama bagi otak dan tubuh," kata ahli diet terdaftar di Orlando Health, Lisa Cooper di Florida. Makanan yang mengandung serat akan dicerna pada tingkat yang lebih lambat dan membuat menyediakan energi yang lebih berkelanjutan dari waktu ke waktu.

Selain itu, serat akan membantu Anda akan meningkatkan energi. "Makanan dengan serat yang lebih tinggi telah dikaitkan dengan peningkatan kualitas tidur yang membuat Anda lebih segar pada hari berikutnya," kata Vikas Ja.

Periksa warna urine Anda

"Ketika Anda mengalami dehidrasi, tekanan darah Anda turun, detak jantung meningkat dan aliran darah ke otak melambat, itu semua dapat membuat Anda lelah," kata Sonpal.

Dengan memastikan Anda mendapat air yang cukup, maka fungsi tubuh Anda akan lebih mudah bekerja.  Perhatikan warna urin Anda saat di kamar mandi. Seharusnya berwarna kuning pucat seperti jerami untuk memastikan Anda terhidrasi dengan baik.

Tulis tiga hal baik setiap hari

"Menguntungkan untuk mengingat di mana rasa sakit ditemukan, sedangkan mengingat kegembiraan kurang penting untuk bertahan hidup," kata seorang psikolog klinis, Elizabeth Cohen  di New York.

Cohen menjelaskan ketika Anda terus-menerus memikirkan apa yang salah dan khawatir tentang apa yang salah berikutnya, itu tanda tubuh Anda perlu untuk melepaskan lebih banyak hormon stres lebih sering. Luangkan waktu untuk merenungkan hal-hal positif dengan menuliskan tiga hal yang berjalan baik setiap hari yang Anda lalui atau syukuri barang-barang yang Anda miliki. Latihan ini dapat membuat pikiran Anda siap untuk menghadapi apa yang terjadi dalam hidup Anda, menekan lonjakan hormon stres sambil membantu melindungi cadangan energi Anda.

Sumber : Republika.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Tingkatkan Energi dengan Efektif"

Posting Komentar