Benarkah Menggunakan Bra Berkawat Sebabkan Kanker Payudara?


Mitos atau fakta? Hal itu mungkin yang banyak berlalu-lalang di pikiran setiap perempuan, terlebih bagi mereka yang gemar mengenakan bra berkawat. Dilansir dari hellosehat, nyatanya hingga saat ini tak ada penelitian atau data medis yang cukup kuat untuk membuktikan isu bahwa bra kawat jadi salah satu penyebab kanker payudara. Penelitian yang paling akurat di tahun 2014 dalam jurnal Cancer Epidemiology Biomarkers & Prevention berhasil mencatat bahwa tidak ada kaitan antara bra kawat dan kanker payudara.

Dalam penelitian tersebut, diungkapkan bahwa riskan tidaknya Anda terkena kanker payudara sama sekali tidak dipengaruhi oleh berbagai kebiasaan seputar penggunaan bra, seperti pemilihan jenis bra (berkawat atau tidak; sama-sama aman), kapan Anda pertama kali mulai pakai bra, ukuran cup, hingga berapa lama Anda pakai bra setiap hari.

Bayangkan saja jika penggunaan bra berkawat memang bisa meningkatkan risiko kanker, maka seharusnya jumlah pengidap kanker payudara di mana-mana sangat tinggi. Pasalnya, banyak sekali perempuan di dunia yang menggunakan bra kawat.

Sedangkan menurut data yang dicatat oleh Kementerian Kesehatan, tingkat prevalensi kanker payudara di Indonesia sebesar 0,05 persen. Ini berarti dari 10.000 orang, ada lima orang yang terdiagnosis dengan kanker payudara. Oleh sebab itu, isu bahwa bra kawat menyebabkan kanker payudara tidaklah benar.

Pada dasarnya, banyak orang percaya bra berkawat bisa meningkatkan risiko kanker karena kurang paham akan penyebab kanker payudara. Perlu Anda ketahui, kanker payudara bisa muncul kalau terjadi mutasi gen pada sel-sel di sekitar payudara dan ketiak Anda.

Faktor risikonya yang sudah terbukti secara medis antara lain:
Keturunan (genetik)
Kurang beraktivitas fisik
Obesitas
Mulai menopause setelah usia 55 tahun
Menstruasi pertama sebelum usia 12 tahun
Pernah menjalani terapi radiasi, terutama di bagian dada
Pernah menjalani terapi hormon setelah menopause


Bagaimana Sahabat Kartini? Anda sudah sedikit lega sekarang? Meski demikian, segera periksakan diri Anda jika mengalami gejala mencurigakan, seperti menemukan benjolan di dada atau sekitar ketiak dengan sering melakukan SADARI di rumah. Satu lagi, untuk kenyamanan bernapas dan kesehatan, sebaiknya Anda tidak mengenakan bra saat istirahat atau tidur malam. (*)

Sumber : MajalahKartini.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Benarkah Menggunakan Bra Berkawat Sebabkan Kanker Payudara?"

Posting Komentar