Ini Bahaya Kekurangan Kolagen pada Tubuh


Selain kulit keriput dan kerutan, kekurangan kolagen bisa menyebabkan rambut rontok, kulit kering, hingga kuku rapuh. Menjaga kadar kolagen juga penting karena kandungannya berguna bagi kesehatan tubuh, sebab satu per tiga asam amino di dalam tubuh terdapat di dalam kolagen.

Seiring bertambahnya usia memang tak banyak yang bisa dilakukan perempuan untuk menghindari kerutan. Meski demikian, proses penuaan dini bisa ditekan dari segi waktu.

Menjaga asupan kolagen menjadi salah satu cara paling jitu untuk membuat kulit awet muda. Menambah asupan kolagen dari luar tubuh bisa diperoleh dari beragam jenis makanan.

Salah satunya, kaldu dari rebusan tulang. Rebusan tulang mengandung gelatin yang berguna menciptakan kolagen.

Kemudian makanan dari kelas biji-bijian dan jenis kacang juga bisa dikonsumsi secara rutin, seperti kacang kedelai. Protein hewani dari susu atau keju juga membantu menambah asupan kolagen.

Ikan dan daging tanpa lemak juga bisa menambah kadar kolagen. Kemudian sayur dan buah yang mengandung vitamin C juga membantu menambah asupan kolagen, serta membuat kulit lebih cerah.

Terkait kosmetik yang menawarkan kandungan kolagen, zat tersebut memiliki struktur dengan kecenderungan menjaga kelembapan kulit saja. "Biasanya lebih sebagai pelembap ekstra untuk menjaga kulit agar tidak kering," jelas Dermatologist dr. Indrawati Wijaya, SpKK, kepada Republika.co.id baru-baru ini.

Meski demikian jenis kosmetik tersebut tetap diperlukan kulit apabila seseorang memang membutuhkannya setelah melalui konsultasi dokter. Namun saran terbaik, mendapatkan kolagen akan jauh lebih baik dari bahan alami daripada memperolehnya secara instan.

Indrawati yang berpraktik di Erha Clinic ini juga menyebutkan, seseorang harus waspada dengan konsumsi gula atau makanan yang tinggi kandungan glukosa. Sebab, glukosa bersifat mengikat protein. Itu sebabnya jangan heran bila berlebihan mengonsumsi glukosa akan menyebabkan kekurangan kolagen di dalam tubuh.

Menjaga asupan kolagen juga harus tetap dijaga selama berpuasa Ramadhan. Selama berpuasa, kulit akan kekurangan cairan dan asupan gizi. Terlebih bia seseorang berpuasa dan menjalani aktivitas luar ruangan.

Sumber : Republika.co.id

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Ini Bahaya Kekurangan Kolagen pada Tubuh"

Posting Komentar